Minggu, 08 Maret 2015

, ,

International Women's Day

International Woman's Day Google Doodle
Assalamu'alaikum wr wb
Selamat hari ini, readers! Hari ini dunia merayakan Hari Wanita Sedunia. Apa sih Hari Wanita Sedunia? 

Hari Wanita Internasional, juga disebut Hari Kerja Wanita Internasional, dirayakan pada tanggal 8 Maret setiap tahun. Dalam berbagai daerah di dunia, fokus dari perayaannya antara lain bentuk hormat, penghargaan juga bentuk cinta terhadap wanita. Dimulai sebagai peristiwa politik sosial, khususnya di berbagai negara Eropa dan Rusia, dijadikan hari libur yang sudah bercampur dengan kebudayaan setempat. Di beberapa daerah, para pria menjadikan kesempatan di hari ini untuk menunjukan rasa kasih sayangnya terhadap wanita, dengan cara yang agak mirip dengan perayaan Hari Valentine dan Hari Ibu. 


PBB juga merayakan Hari Wanita Sedunia dengan mengangkatnya sebagai highlight di acara Beijing Declaration and Platform for Action. Perayaan ini sebagai dukungan terhadap hak-hak wanita dalam bidang politik, sosial, ekonomi dan juga sebagai aksi penolakan pada tindak kekerasan terhadap wanita. Biasanya dibeberapa daerah di dunia, orang-orang merayakannya dengan mengenakan pita ungu sebagai atribut pakaiannya.

Pada awalnya tidak ada tanggal spesifik dalam merayakan Hari Wanita Sedunia ini. Karena biasanya diadakan pada hari Minggu terakhir di bulan Februari. Baru pada tahun 1914 lah mulai dirayakan pada tanggal 8 Maret, saat itu para wanita Jerman turun ke jalan dan melakukan aksi demonstrasi menuntut hak untuk ikut memilih (presiden atau orang pemerintahan), ya walaupun saat tahun 1918 mereka baru memiliki hak pilih tersebut. Pada tanggal dan tahun yang sama, di London juga para wanita menuntut hak yang sama dengan para wanita Jerman, hak pilih.

Sejak itulah Hari Wanita Sedunia diperingati pada tanggal 8 Maret setiap tahunnya.

Semoga dengan adanya peringatan Hari Wanita Sedunia, para wanita di seluruh penjuru dunia bisa hidup dengan tenang, sejahtera, dan damai. Karena seorang wanita yang memiliki kehidupan yang baik akan melahirkan generasi-generasi yang baik pula.

sumber : wikipedia


0 komentar:

Posting Komentar

Untuk komentarnya bisa diisi disini, terima kasih telah mengunjungi blog saya ^-^