Rabu, 24 Oktober 2012

Jalan Raya

Assalamu'alaikum wr. wb.

Kejadian ini baru terjadi tadi, saat aku berangkat ke kantor. Di perempatan Pasteur, aku dari arah Jl. Gunung Batu kebetulan udah diantrian paling depan (nyetir motor sendiri). Lampu lalu lintas masih merah, tapi karena jalan menuju arah Pasteur lagi kosong, kendaraan di belakang ngelaksonin mulu :(. Pengennya sih ngebalik sambil bilang "Pak, liat lampunya masih merah!!" tapi daripada ribut aku pun diem aja. Eh, malah terus ngelaksonin, sambil bilang "Maju Neng!!". Apa daya aku pun ngelanggar lampu merah :(, padahal udah berusaha buat gak mau banget ngelanggarnya.
Karena sudah banyak motor yang melanggar duluan (dari arah Jl. Gunung Batu ke Jl. Djundjunan), otomatis kendaraan yang dari arah tol Pasteur jadi kehambat. Rame saling klakson, saking kagetnya aku gak sengaja ngegeleng kaki pengendara motor di depan aku. Untung cuma melototin doang, dan aku pun otomatis bilang "Punten Pak".

Keadaan semakin gak kondusif ketika lampu hijau dari arah Jl. Surya Sumantri, ada yang ketabrak motor di depan aku. Yang nabrak ngerasa gak bersalah, toh emang giliran dia untuk jalan (motor dari Jl Surya Sumantri) yang ditabrak (dari arah Jl Gunung Batu, sama denganku) ngerasa dirugikan karena ditabrak. Saling adu mulut, ngomong kasar, dan saling melotot.
Dalam hati terus berdoa, semoga selamat sampai tujuan.

Jadi inget kata salah satu temanku, "Susah sekarang mau tertib di jalan raya teh. Udah mau tertib, orang lain yang gak sabaran. Nyetir kendaraan dengan kecepatan aman (normal, gak terlalu kenceng), orang lain yang ngebut, kita ngehalangin yang ngebut, diklaksonin, dimarahin. Serba salah."
Jalanan khususnya di Bandung, makin gak nyaman. Makin banyak kendaraan, makin banyak titik macet, makin banyak yang ngelanggar TaTib LaLin, makin banyak yang emosian. Kira-kira solusinya apa ya??

Solusi dari aku :
1. saat tes buat dapetin SIM, perlu ada tes psikologi juga. Yang emosian jangan dikasih.
2. Alat transportasi umum yang memadai, aman dan murah
3. Sosialisasi tentang TaTib LaLin lebih digencarkan
4. solusi lain tunggu kalo lagi rajin nulis lagi, :D

Peraturan yang dibuat itu buat ditaati, karena ada unsur kebaikan di dalamnya.

Segitu aja dulu dari aku, semoga keselamatan dan kenyamanan berkendara bisa secepatnya kita rasakan di negeri ini. Untuk itu dibutuhkan kesadaran dalam menaati peraturannya.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

0 komentar:

Posting Komentar

Untuk komentarnya bisa diisi disini, terima kasih telah mengunjungi blog saya ^-^