Kamis, 26 Januari 2012

Badai Matahari


Badai Matahari lagi berlangsung saat ini yang berefek pada bumi. Nah, sebelum membaca dan menelaah (ciye... bahasanya.. menelaah :P )tentang berita badai matahari, aku harus tau dulu apa itu badai matahari.
Dengan niat yang sepenuh hati dan jiwa, diketik lah, Badai Matahari di simbah yang tau semua yang ada di internet (Google). Tapi yang muncul berita-berita mengenai perkembangan matahari dengan badainya. Akhirnya aku liat dari wikipedia.org dan ternyata hanya berisi :





Dan pada saat itulah aku meragukan wikipedia sebagai ensiklopedia bebas. Mumpung masih ada 1 link yang aktif, jadi g ada salahnya juga dilihat. Link tersebut tentang Lontara Massa Korona, yang berisi :

Lontaran massa korona
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lontaran massa korona.

Lontaran massa korona (bahasa Inggris: coronal mass ejection, disingkat CME) adalah ledakan besar angin surya, plasma isotop cahaya lain, dan medan magnet, yang melontar di atas korona matahari atau dilepaskan ke angkasa.

Lontaran massa korona seringkali dikaitkan dengan aktivitas Matahari lainnya, terutama semburan Matahari, tetapi hubungan sebab akibat masih belum ditentukan. Sebagian besar lontaran muncul pada wilayah aktif Matahari. Lontaran massa korona muncul baik pada saat solar maxima maupun solar minima, meskipun pada masa minima frekuensinya berkurang.


Nah, dari artikel tersebut bisa aku mengerti kalau badai matahari itu merupakan ledakan besar angin surya yang melepaskan muatannya ke angkasa, makanya berdampak pada bumi juga. Untuk lebih simpelnya, bisa dilihat di gambar berikut :



Dengan gambar di atas, aku jadi lebih mengerti. Tapi walaupun matahari sedang bermasalah (dengan badainya itu), dia terus menerangi dan menghangatkan bumi. Subhanallah, Maha Hebat Allah SWT. dengan ciptaannya yang mengagumkan itu. Sudah sepatutnya kita bersyukur atas apa yang Dia berikan.

Tapi, yang masih bikin penasaran adalah kata korona di artikel itu. Apa sih korona? Hmmm... mungkin di artikel selanjutnya aku bakal cari tentang korona, karena sekarang udah lewat batas istirahat nih. ^_^


Oke, update untuk korona. (Senin, 30 Januari 2012)

Korona
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Korona, tampak ketika Gerhana Matahari di Perancis 1999


Korona adalah bagian paling luar dari atmosfer matahari yang dicirikan oleh rendahnya massa jenis dan tingginya temperatur (> 1.0E+06 K). Korona tidak terlihat secara langsung dari bumi, kecuali pada saat terjadinya gerhana Matahari total atau dengan bantuan teleskop dengan presisi.

sumber : Google, wikipedia, pakarfisika.wordpress.com

0 komentar:

Posting Komentar

Untuk komentarnya bisa diisi disini, terima kasih telah mengunjungi blog saya ^-^